CARA MENGATASI ANAK MALAS BELAJAR - EL-KAMIL CENTRE
Headlines News :
Home » , » CARA MENGATASI ANAK MALAS BELAJAR

CARA MENGATASI ANAK MALAS BELAJAR

Written By elkamil ibnu ishaq on Selasa, 23 Desember 2014 | 17:46

Saat anak kita malas untuk belajar, Sebahagian orang tua ada yg memberikan respon positif dan juga negatif, Namun perlu kita ketahui bahwa kemalasan anak dalam belajar hasilnya akan di nikmati oleh si anak dan tidak menutup kemungkinanan orang tua akan ikut menuainya.

Kemalasan dalam belajar di usia dini tentu kita sama-sama tahu akibat yang akan di hadapi di masa-masa kedepannya, Nah untuk menghindari sebuah akibat dari kemalasan belajar si anak, berikut adalah Cara untuk menumbuhkan semangat belajar anak yang sedang malas

1. Memberikan insentif
Ternyata memberikan insentif cukup untuk memberikan semangat belajar anak.  Insentif bukan berarti dalam bentuk materi.  Kita bisa memberikan insentif dalam bentuk penghargaan dan pujian kepada anak.  Insentif langsung ini akan bisa menumbuhkan semangat belajar anak.  Berikan penghargaan manakala anak memiliki nilai prestasi yang bagus agar anak tetap semangat.

2. Memberikan Motivasi
Memberikan motivasi dan pengertian tentang manfaat belajar juga memiliki efek positif.  Jelaskan dan terangkan tentang manfaat belajar.  Untuk menjadi anak pintar harus dilalui dengan belajar karena pintar tidak datang sendiri.  Ia harus dijemput dan diasah.  menjadi anak pintar lebih memiliki banyak positifnya mulai dari disayang oleh guru dan akan lebih disukai teman.

3. Gaya belajar
Gaya belajar anak harus dirubah manakala anak sudah bosan dengan metode belajar konvensional.  Oleh karena itu para orang tua juga harus memahami macam-macam gaya belajar anak.  Salah satu metode gaya belajar yaitu dengan Active Learning, Learning by Doing, dan Learning Through Playing.  Bermain sambil belajar merupakan metode yang efektif.  Berilah pertanyaan-pertanyaan tentang pelajaran di sekolah ketika sedang bermain dengan anak.  Dan masih banyak lagi contoh lainnya yang bisa dikreasikan.  Intinya adalah orang tua juga harus mengambil peran.

4. Menciptakan Suasana yang menyenangkan
Tetapkanlah jam belajar dalam keluarga.  Ketika sedang waktu belajar maka para orang tua juga harus mematikan segala aktifitas yang bisa mengganggu belajar anak.  Ikutlah untuk belajar dengan anak dan menemaninya.  Kondisi yang mendukung tentunya juga akan membuat semangat belajarnya menjadi meningkat.

Itulah di antara banyak cara untuk mengatasi kemalasan anak dalam belajar. Kerjasama yang baik antara orang tua dan anak akan lebih memaksimalkan potensi anak daripada dengan memberikan omelan dan paksaaan kepada anak.

Sumber :

Dari berbagai sumber

Silahkan tinggalkan komentar anda.
Share this article :
Comments
0 Comments

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Comments

 
Support : DIM Centre | EL KAMIL
Copyright © 2014. EL-KAMIL CENTRE
Jl. Kamarung No 27 Citeureup Kota CIMAHI 40512
Phone 082240002354